Pages

Sabtu, 09 Januari 2016

Iklan yang kurang beretika "Mie Sedap versi papa hidup lagi"

Diposting oleh Unknown di 09.46 0 komentar


PENDAHULUAN   

Dalam iklan ini sedikit melanggar norma karena dalam adegan iklan tersebut secara tidak langsung seorang ayah mengajarkan anaknya untuk berbohong karna ayahnya tidak mau bekerja bakti ketika seorang petugas mengajaknya untuk bekerja bakti tapi seorang anak mengaku tidak mempunyai seorang ayah, tetapi setelah seorang petugas membahas tentang mie sedap seorang ayah langsung keluar rumah untuk ikut kerja bakti karna ada mie sedap tersebut.
            Dari sisi itu lah iklan tersebut sedikit melanggar norma karna tidak mengandung unsur pendidikan untuk anak – anak padahal iklan tersebut untuk umum bukan hanya untuk orang dewasa saja, jadi harus mengandung unsur pendidikan untuk anak – anak. Tetapi jika dilihat dari slogannya mie sedap berpengaruh karna slogannya “Karna Lidah Ga Bisa Bohong”.


TEORI

Iklan adalah ajakan atau rayuan secara halus dengan tujuan membujuk orang lain ( calon konsumen) untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan dalam iklan. Sedangkan pengertian iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebagai berikut :
  1. Berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan.
  2. Pemberitahuan kepada khalayak ramai tentang barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa dan media online seperti koran, majalah, internet.
Ciri-ciri Iklan
1.     Kalimatnya pendek-pendek sehingga mudah diingat
2.    Kata-katanya sederhana tetapi enak dibaca dan berkesan
3.    Disajikan secara menarik karena penempatan kata-kata atau kalimatnya, juga gambar ditata dengan baik.
4.    Hanya menyampaikan kelebihan atau keunggulan sesuatu produk/jasa yang diiklankan sehingga dapat membujuk atau menyakinkan pembacanya. 


KESIMPULAN

Iklan Mie Sedap sangat kontroversial dan tidak pantas untuk dilihat karena mengajarkan anak untuk berbohong demi kepentingan orang tua. Untuk para produsen sebaiknya menunjukan iklan yang berpendidikan, beretika dan sopan karena iklan tersebut bersifat nasional dan muncul di televisi yang bisa dilihat dari berbagai usia dari yang anak-anak hingga dewasa. 



Contoh Kasus Etika Utilitarianisme Beserta Teori Dan Analisisnya

Diposting oleh Unknown di 08.46 1 komentar

Nama: Sofia Dwi Anggraini
Kelas: 4ea11
NPM: 17212095

1.  Contoh Kasus Etika Utilitarianisme:
Saya akan mengambil contoh kasus  etika utitarianisme yang ada disekitar saya dan  memang sedang booming yaitu bisnis pembuatan komplek perumahan atau yang sering kita kenal yaitu perumahan cluster. Bisnis ini memang sangat menguntungkan bagi para pembuatnya, mereka bisa saja merauk keuntungan berjuta-juta dari hasil penjualan unit rumahnya.

Ada sisi positif dan ada pula sisi negative dari bisins ini yaitu dilihat dari segi positifnya mungkin bisa saja meramaikan atau menghidupkan roda ekonomi di sekitarnya. Namun adapula sisi negativenya yaitu semakin buruk daerah resapan air serta daerah kawasan hijau yang ditebang  yang ada disekitar situ dan dari tiap tahun ketahun semakin banyak bisinis pembuatan komplek perumahan ini yang mungkin bisa merusak lingkungan apabila tidak tertata dengan baik,


2. Teori dan Analisisnya
Teori utilitarian mengatakan bahwa sustu kegistatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen dan masyarakat di sekelilingnya.


Sesuai dengan teori utilitarianisme menyatakan bahwa tindakan dan kebijakan pengambilan keputusan ini perlu dievalusi menjadi tindakan yang “benar”. Sehingga keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang besar harus dilakukan dengan produksi yang benar sehingga tidak merugikan masyarakat dan dapat mengembalikan nama baik perusahaan ke konsumen.




Iklan yang kurang beretika "Mie Sedap versi papa hidup lagi"

0



PENDAHULUAN   

Dalam iklan ini sedikit melanggar norma karena dalam adegan iklan tersebut secara tidak langsung seorang ayah mengajarkan anaknya untuk berbohong karna ayahnya tidak mau bekerja bakti ketika seorang petugas mengajaknya untuk bekerja bakti tapi seorang anak mengaku tidak mempunyai seorang ayah, tetapi setelah seorang petugas membahas tentang mie sedap seorang ayah langsung keluar rumah untuk ikut kerja bakti karna ada mie sedap tersebut.
            Dari sisi itu lah iklan tersebut sedikit melanggar norma karna tidak mengandung unsur pendidikan untuk anak – anak padahal iklan tersebut untuk umum bukan hanya untuk orang dewasa saja, jadi harus mengandung unsur pendidikan untuk anak – anak. Tetapi jika dilihat dari slogannya mie sedap berpengaruh karna slogannya “Karna Lidah Ga Bisa Bohong”.


TEORI

Iklan adalah ajakan atau rayuan secara halus dengan tujuan membujuk orang lain ( calon konsumen) untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan dalam iklan. Sedangkan pengertian iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebagai berikut :
  1. Berita pesanan (untuk mendorong, membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan.
  2. Pemberitahuan kepada khalayak ramai tentang barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa dan media online seperti koran, majalah, internet.
Ciri-ciri Iklan
1.     Kalimatnya pendek-pendek sehingga mudah diingat
2.    Kata-katanya sederhana tetapi enak dibaca dan berkesan
3.    Disajikan secara menarik karena penempatan kata-kata atau kalimatnya, juga gambar ditata dengan baik.
4.    Hanya menyampaikan kelebihan atau keunggulan sesuatu produk/jasa yang diiklankan sehingga dapat membujuk atau menyakinkan pembacanya. 


KESIMPULAN

Iklan Mie Sedap sangat kontroversial dan tidak pantas untuk dilihat karena mengajarkan anak untuk berbohong demi kepentingan orang tua. Untuk para produsen sebaiknya menunjukan iklan yang berpendidikan, beretika dan sopan karena iklan tersebut bersifat nasional dan muncul di televisi yang bisa dilihat dari berbagai usia dari yang anak-anak hingga dewasa. 



Contoh Kasus Etika Utilitarianisme Beserta Teori Dan Analisisnya

1


Nama: Sofia Dwi Anggraini
Kelas: 4ea11
NPM: 17212095

1.  Contoh Kasus Etika Utilitarianisme:
Saya akan mengambil contoh kasus  etika utitarianisme yang ada disekitar saya dan  memang sedang booming yaitu bisnis pembuatan komplek perumahan atau yang sering kita kenal yaitu perumahan cluster. Bisnis ini memang sangat menguntungkan bagi para pembuatnya, mereka bisa saja merauk keuntungan berjuta-juta dari hasil penjualan unit rumahnya.

Ada sisi positif dan ada pula sisi negative dari bisins ini yaitu dilihat dari segi positifnya mungkin bisa saja meramaikan atau menghidupkan roda ekonomi di sekitarnya. Namun adapula sisi negativenya yaitu semakin buruk daerah resapan air serta daerah kawasan hijau yang ditebang  yang ada disekitar situ dan dari tiap tahun ketahun semakin banyak bisinis pembuatan komplek perumahan ini yang mungkin bisa merusak lingkungan apabila tidak tertata dengan baik,


2. Teori dan Analisisnya
Teori utilitarian mengatakan bahwa sustu kegistatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen dan masyarakat di sekelilingnya.


Sesuai dengan teori utilitarianisme menyatakan bahwa tindakan dan kebijakan pengambilan keputusan ini perlu dievalusi menjadi tindakan yang “benar”. Sehingga keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang besar harus dilakukan dengan produksi yang benar sehingga tidak merugikan masyarakat dan dapat mengembalikan nama baik perusahaan ke konsumen.




 

TUGAS KULIAH Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea